Resep dan Cara Membuat Roti Goreng Keju Coklat

Roti merupakan salah satu bentuk makanan yang berasal dari olahan tepung terigu atau gandum. Makanan ini juga merupakan salah satu makanan yang paling populer di seluruh dunia, bahkan dibeberapa negara di Eropa dan Amerika, roti merupakan salah satu makanan pokok yang wajib hadir di atas meja makan setiap hari selain kentang. Seiring perkembangannya, roti terus mengalami perubahan baik dari segi bahan-bahan dan campuran yang digunakan serta beragam bentuk yang semakin bervariasi sehingga selain menghasilkan bentuk yang unik, roti pada saat ini juga memiliki rasa dan tekstur yang berbeda-beda.

Roti banyak mengandung protein dan karbohidrat yang cukup tinggi yang dibutuhkan tubuh untuk diolah menjadi tenaga sehingga makanan ini pun kerap dihidangkan sebagai santapan pagi sebelum memulai aktifitas. Jika mungkin Anda lebih terbiasa menyajikan roti biasa dengan lapisan selai buah setiap harinya, maka tentu resep dan cara membuat roti goreng keju coklat ini bisa menjadi salah satu variasi yang bisa Anda praktekkan saat menyiapkan sarapan untuk keluarga di pagi hari.

Sebagaimana fungsinya sebagai sarapan, tentu cara pembuatannya harus mudah dan cepat pula. Oleh karenanya bahan-bahan yang diperlukan pun cukup sederhana dan gampang. Jika Anda tertarik untuk membuatnya, maka berikut ini adalah beberapa bahan-bahan yang bisa Anda persiapkan terlebih dahulu.

Resep dan cara membuat roti goreng keju coklat

Bahan-bahan utama:
8 lembar roti tawar
150 gram tepung panir
3 butir telur ayam, ambil kuningnya saja
1/4 kilogram minyak goreng

Bahan isi roti goreng coklat:
100 gram coklat meses
4 lembar keju (cheddar)
100 gram mentega

Cara membuat roti goreng keju coklat:
  • Ambil roti kemudian belah menjadi 2 bagian dengan bentuk potongan segitiga lalu isikan dengan coklat meses dan keju. Agar coklat meses tidak tumpah, olesi roti dengan sedikit mentega terlebih dahulu
  • Siapkan 2 buah wadah terpisah sebagai wadah tepung panir dan kuning telur. Olesi roti dengan kuning telur, gunakan kuas jika Anda merasa kesulitan untuk mengolesnya.
  • Setelah roti dilumuri dengan kuning telur dengan sempurna, langkah selanjutnya adalah menaburinya dengan tepung panir. Taburkan dengan merata diseluruh permukaan roti
  • Siapkan wajan dan panaskan minyak lalu masukkan roti satu persatu ke dalam minyak goreng. Gunakan api kecil agar roti tidak menjadi gosong dan hitam
  • Setelah warnanya terlihat menguning dan memiliki tekstur yang renyah, kemudian angkat dan tiriskan minyaknya
  • Siapkan piring dan sajikan selagi hangat untuk 4 porsi. Agar lebih nikmat, hidangkan bersama susu atau segelas kopi hangat.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Resep dan Cara Membuat Roti Goreng Keju Coklat"