Resep Bubur Kacang Hijau Susu Yang Lezat dan Sehat

Anda pasti pernah menikmati bubur kacang hijau bukan?. Rasanya yang lezat tentu menjadi alasan mengapa banyak orang yang menggemari makanan ini. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi bubur kacang hijau juga cukup murah, yaitu antara 3.000-5.000 rupiah saja. Memang terkesan akan jauh lebih mudah jika membeli yang sudah jadi dibandingkan dengan membuatnya dirumah, akan tetapi tentu akan ada kepuasan jika Anda mencoba untuk membuatnya sendiri.

Bagi Anda yang ingin membuatnya sendiri, ada 2 bahan utama yang dipergunakan untuk membuat bubur kacang hijau, yaitu santan dan susu. Jika menginginkan rasa yang gurih, Anda dapat menggunakan campuran santan sedangkan jika pada saat ini Anda tengah mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan ingin mengkonsumsi makanan sehat tanpa minyak, maka Anda bisa mempergunakan susu UHT sebagai campuran yang menggantikan santan. Dan pada kesempatan ini, situs aneka resep masakan akan memberikan pilihan resep bahan campuran yang kedua, yaitu resep dan cara membuat bubur kacang hijau susu.

Memang waktu yang dibutuhkan untuk resep bubur kacang hijau cukup lumayan lama dikarenakan biji kacang hijau memiliki tekstur yang keras sehingga waktu yang dibutuhkan untuk proses perebusannya pun tak bisa instan. Meskipun demikian, ada tips-tips khusus yang nanti akan diberikan dalam hal bagaimana membuat kacang hijau menjadi cepat matang dan mekar secara sempurna. Namun sebelumnya, berikut adalah bahan-bahan yang meski Anda persiapkan terlebih dahulu.

Bahan-bahan:
1/4 kilogram kacang hijau kualitas baik
250 mililiter susu putih UHT rasa tawar
250 gram gula merah
2 lembar daun pandan yang sudah tua, cuci bersih
2 sendok gula pasir
1/2 sendok teh garam
2 liter air

Cara membuat bubur kacang hijau susu:
  • Cuci bersih sambil dipisahkan antara biji kacang hijau yang baik dengan biji kacang hijau yang kosong atau rusak
  • Siapkan panci, tuangkan 2 liter air lalu rebus biji kacang hijau hingga mekar dengan sempurna
  • Ditempat terpisah, siapkan panci dan rebus gula merah dengan 1 gelas air. Setelah larut kemudian saring dan tuang kedalam panci berisi bubur kacang hijau
  • Bentuk daun pandan menyerupai ikatan simpul tali lalu masukkan kedalam panci bersama dengan garam dan gula pasir sebagai penyeimbang rasa manis
  • Masukkan susu UHT perlahan-lahan sambil terus diaduk hingga merata. Aduk kurang lebih selama 10 menit lalu angkat
  • Bubur kacang hijau siap dihidangkan
Tips membuat bubur kacang hijau:
  • Untuk mempersingkat proses perebusan, rendamlah biji kacang hijau terlebih dahulu dengan air dingin selama kurang lebih 30 menit.
  • Jangan memasukkan gula merah sebelum kacang hijau karena kacang hijau tidak akan bisa mekar dan akan tetap bulat jika direbus dengan air yang sudah dicampur dengan gula merah.
Bubur kacang hijau susu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Bubur Kacang Hijau Susu Yang Lezat dan Sehat"

Posting Komentar