Tehnik Memasak Menu Sehat Untuk Makanan Diet

Tehnik memasak menu sehat untuk makanan diet yang rendah lemak dapat dilakukan dengan berbagai alternatif cara. Secara umum hal ini berlaku kepada siapa saja yang menginginkan makanan yang jauh lebih sehat untuk dikonsumsi, terlebih lagi bagi mereka yang tengah menjalankan program diet sehingga diharuskan untuk mengkonsumsi menu sehat sebagai upaya untuk memaksimalkan asupan makanan diet.

Tehnik yang mungkin paling sering untuk dilakukan adalah dengan cara merebus ataupun mengukus bahan makanan sehingga kandungan lemak dan kolesterol didalam bahan makanan tersebut dapat berkurang secara drastis. Namun tahukah Anda jika selain tehnik merebus dan mengukus, masih ada banyak cara-cara lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mengolah berbagai menu sehat yang rendah kolesterol?. Penasaran seperti apa tehnik-tehnik tersebut?. Berikut adalah beberapa diantaranya seperti yang dipetik dari foodeditorsclub.com selengkapnya.

Baking
Baking memiliki pengertian yaitu tehnik mengolah bahan makanan dengan menggunakan oven ataupun microwave dengan menggunakan energi panas kering untuk mematangkannya. Beberapa tehnik pengolahan makanan yang menggunakan metode ini antara lain yaitu berbagai macam aneka makanan pastry seperti roti dan karamel.

Grilling
Grilling juga dikenal di Amerika sebagai broilling. Tehnik ini menggunakan metode mengolah makanan secara langsung diatas lembaran besi yang dipanaskan diatas tungku perapian (memanggang). Sedangkan broilling memiliki sedikit perbedaan yaitu menggunakan semacam wajan dengan dilumuri sedikit minyak yang bertujuan agar bahan makanan yang diolah tidak menjadi lengket dan menempel pada wadah. Metode ini umumnya menggunakan sumber bahan bakar dari kayu atau dari arang.

Roasting
Roasting memiliki pengertian yang hampir mirip dengan grilling, hanya saja umumnya tehnik mengolah dengan cara ini dilakukan dalam bentuk yang besar. Metode ini menggunakan sebilah besi panjang yang digunakan untuk memutar bahan makanan sehingga panas dapat dikontribusikan secara merata keseluruh permukaan bahan makanan yang diolah.

Steaming
Di Indonesia metode ini dikenal sebagai tehnik mengukus yang dilakukan dengan menggunakan uap air yang dialirkan secara merata pada bahan makanan yang diolah. Selain mudah, cara ini juga dapat menghasilkan berbagai macam makanan yang lezat dan bebas lemak yang sangat baik untuk kesehatan Anda.

Braising
Tehnik memasak dengan metode braising dilakukan dengan cara merebus bahan makanan dengan sedikit air atau dengan menggunakan cairan sebanyak setengah dari bahan makananan yang diolah. Tehnik ini dilakukan dengan menggunakan panci yang tertutup. Metode ini dapat dilakukan dengan menggunakan oven, microwave ataupun langsung diatas perapian.

Poaching
Metode poaching adalah kegiatan mengolah bahan makanan dibawah 100 derajat celcius atau dibawah titik didih air. Proses pengolahan bahan makanan ini menggunakan air yang dipanaskan oleh api kecil sehingga panas yang dihasilkan hanya berkisar antara 83-95 derajat celcius saja.

Sauteing
Tehnik ini juga dikenal sebagai tehnik menumis. Caranya adalah dengan menggunakan wajan yang dioleskan sedikit mentega atau minyak dengan panas yang tinggi sehingga warna bahan makanan yang diolah menjadi berwarna kecoklatan atau kekuningan.

Demikianlah beberapa alternatif pilihan metode memasak makanan diet yang bisa Anda aplikasikan untuk mendapatkan aneka menu-menu sehat yang baik guna mensukseskan program diet Anda. Selain mengkonsumsi makanan yang sehat, tentunya juga harus diimbangi dengan kegiatan olahraga yang dilakukan secara rutin agar diet Anda menjadi lebih maksimal.

Tehnik memasak menu sehat untuk makanan diet

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tehnik Memasak Menu Sehat Untuk Makanan Diet"

Posting Komentar