Resep Rainbow Cake Bolu Panggang Pelangi

Resep rainbow cake bolu kukus pelangi cantik dan cara membuatnya. Siapa yang tak kenal dengan kue yang satu ini?. Dengan hanya melihat sepintas saja tentu Anda dapat dengan mudah langsung mengenalinya. Ya, inilah kue pelangi atau yang biasa disebut dengan rainbow cake. Warnanya yang cantik dan mempesona membuat penampilannya sangat memukau, oleh karenanya tak heran jika kemudian namanya semakin populer dan begitu dikenal oleh orang-orang seantero jagat.

Kreasi resep rainbow cake ini memang sangat ideal untuk disajikan pada saat-saat pesta ulang tahun, saat sedang bersantai bersama keluarga, pesta kebun ataupun seremonial lainnya karena bentuknya yang cantik dan menggoda. 

Adalah seorang wanita bernama Martha Stewart yang pada awalnya memperkenalkan kue cantik bernama rainbow cake ini. Kreasi pastry dari Martha memang sudah tak diragukan lagi baik dari segi keunikan serta kelezatannya. Dan salah satunya adalah rainbow cake kue pelangi warna-warni yang menjadi trend diseluruh dunia. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah maka situs tabloid kuliner akan memberikan resep rainbow cake ala Martha Stewart beserta cara pembuatannya.

Resep rainbow cake bolu panggang pelangi ala Martha Stewart dan cara membuatnya - www.tabloidkuliner.com
Bahan-bahan rainbow cake:
400 gram tepung terigu yang telah di ayak
6 butir telur yang diambil hanya putihnya saja
4 1/2 sendok teh soda kue atau baking powder
1/2 sendok teh garam dapur
300 gram mentega tanpa garam (butter cream)
500 gram gula pasir
2 1/2 sendok teh vanila bubuk
350 mili liter susu cair
Pewarna makanan merah, oranye, kuning, biru, hijau, dan ungu dengan takaran yang secukupnya

Cara pembuatan rainbow cake:
  • Panaskan oven hingga mencapai panas kira-kira 175 derajat celcius. 
  • Siapkan loyang dengan diameter yang cukup besar, yakni sekitar 23cm. Anda bisa menggunakan 1 loyang yang digunakan secara bergantian atau jika Anda memiliki 6 loyang maka bisa langsung di gunakan secara bersamaan.
  • Setelah oven panas, kemudian loyang diolesi mentega supaya adonan tidak lengket dan menempel pada loyang. Akan lebih baik jika setiap loyang diberikan alas berupa kertas roti.
  • Sementara itu masukkan tepung terigu, baking powder dan garam dalam sebuah wadah yang cukup besar, kemudian sisihkan.
  • Di wadah yang berbeda campurkan mentega dan gula kemudian mixer. Perlahan-lahan tuangkan putih telur sambil terus di mixer hingga tercampur merata dan mengembang.
  • Setelah adonan terlihat mengembang, kemudian campurkan vanili dan aduk kembali hingga merata.
  • Campur tepung kedalam adonan kemudian tambahkan susu.
  • Pisahkan adonan menjadi 6 bagian, lalu beri masing-masing diberi pewarna hingga merata. Kemudian masukkan adonan-adonan tersebut kedalam 6 loyang yang tadi sudah disiapkan lalu panggang selama kurang lebih 15 menit.
  • Setelah masing-masing kue telah matang secara merata, kemudian angkat dan dinginkan selama 15 menit. Potong setiap bagian kue yang terlihat menggelembung agar permukaan kue rata dan bisa ditumpuk. Bila perlu gunakan pisau bergerigi agar hasil yang didapatkan lebih maksimal.
  • Pilih satu kue (sesuai selera) untuk ditempatkan dibagian paling bawah (alas) kemudian oleskan dengan butter cream secara merata kemudian tumpuk lagi dengan kue kedua, oleskan butter cream lagi dan seterusnya hingga lapisan kue terakhir.
  • Saat semua lapisan kue telah menumpuk dengan sempurna, oleskan butter cream yang tersisa keseluruh permukaan rainbow cake hingga menyeluruh. Hasilnya akan lebih baik jika Anda memakai peralatan semacam meja putar dan spatula agar butter cream bisa dioleskan secara merata dan bagus.
  • Setelah rainbow cake tertutup butter cream secara merata, kemudian diamkan selama 30 menit hingga butter cream mengeras dengan sempurna. Jika Anda menginginkan menyantapnya dalam keadaan dingin, maka Anda juga bisa memasukkannya kedalam kulkas selama kurang lebih 1 jam. 
Pembuatan butter cream:
Bahan-bahan dan cara membuat butter cream yang digunakan sebagai layer atau pelapis rainbow cake adalah sebagai berikut:

Bahan-bahan pembuat butter cream:
10 butir telur, ambil putihnya saja
375 gram gula pasir
500 gram butter atau mentega tanpa garam
3 sendok teh perasan air lemon segar

Cara membuat butter cream:
  • Siapkan panci, kemudian masukkan putih telur beserta dengan gula kemudian panaskan dengan api ukuran sedang. Aduk-aduk secara terus menerus agar tidak gosong.
  • Setelah gula yang ada didalam panci telah meleleh dan tercampur dengan sempurna, kemudian tempatkan dalam wadah lalu gunakan mixer untuk mengaduk. Gunakan kecepatan tinggi saat mengaduk agar adonan menjadi dingin dan mengembang menjadi busa (foam).
  • Setelah adonan menjadi foam, perlahan-lahan turunkan kecepatan mixer dan campurkan semua mentega hingga tercampur rata. Proses ini memerlukan waktu kira-kira 5 hingga 10 menit.
  • Selanjutnya adalah memasukkan perasan air lemon dan aduk lagi hingga merata.
  • Butter cream sudah jadi dan siap digunakan sebagai pengoles dan pelapis rainbow cake yang segar.
Resep rainbow cake bolu panggang pelangi ala Martha Stewart dan cara membuatnya - www.tabloidkuliner.com

Demikianlah tips cara membuat rainbow cake bolu panggang pelangi ala Martha Stewart yang bisa Anda coba sendiri saat dirumah. Jangan lupa untuk membaca artikel kuliner menarik dari www.tabloidkuliner pada posting sebelumnya, yaitu resep nasi uduk khas Jakarta (Betawi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Rainbow Cake Bolu Panggang Pelangi "

Posting Komentar