Resep Pepes Tahu Kukus Lezat

Resep pepes tahu bungkus lezat merupakan resep yang pada kesempatan kali ini akan diulas oleh tabloid kuliner. Pepes tahu merupakan salah satu cara memasak tahu dengan cara yang lebih sehat serta bebas kolesterol karena tidak menggunakan unsur minyak ataupun bahan makanan yang mengandung lemak. Oleh karenanya makanan ini merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein dan gizi yang bisa Anda konsumsi setiap waktu, terlebih lagi bagi Anda yang kini tengah menjalankan program penurunan berat badan ataupun bagi Anda yang memiliki masalah dengan kolesterol.
Meskipun tahu merupakan bahan makanan yang telah sangat dikenal di Indonesia, namun sesungguhnya tahu merupakan produk makanan asli dari negeri Cina yang sudah ada lebih dari 2200 tahun yang lalu semenjak era Dinasti Han di Tiongkok. Seiring perkembangannya, kini tahu pun akhirnya tersebar luas ke berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia. Serupa dengan tempe yang asli berasal dari Indonesia, tahu atau "tofu" juga merupakan hasil olahan dari sari kacang kedelai yang difermentasikan. Selain di goreng, pengolahan tahu juga bisa dengan cara di pepes.
Setelah beberapa waktu lalu tabloid kuliner menerbitkan sebuah artikel serupa yang berjudul resep pepes ikan kembung, kini waktunya untuk semakin memperkaya pengetahuan kuliner Anda dengan salah satu resep masakan yang juga sangat sehat dan bergizi selain daging ataupun ikan dan bahan makanan laut lainnya, yaitu resep pepes tahu. Bahan-bahan serta cara membuatnya pun tergolong sangat mudah, yaitu antara lain sebagai berikut:
Resep pepes tahu kukus lezat
Bahan-bahan pepes tahu bungkus daun pisang:
10 buah tahu yang diblender hingga agak lembut
1 lembar daun bawang yang dirajang halus
4 lembar daun salam
10 buah cabe rawit atau tergantung selera
1 buah daun pisang sebagai bahan pembungkus
Potongan batang lidi sebagai penyemat

Bumbu yang dihaluskan:
4 buah bawang putih yang dikupas
3 siung bawang merah yang dikupas
4 buah cabe merah besar yang dicuci bersih
1 sendok teh garam dapur
1/2 sendok teh gula

Proses pembuatan:
- Haluskan semua bumbu kemudian masukkan semua tahu yang sudah dilembutkan kedalam sebuah wadah atau baskom lalu diaduk-aduk hingga merata.
- Masukkan daun bawang yang telah dipotong-potong halus lalu aduk kembali.
- Sebelum dibungkus dengan menggunakan daun pisang, selipkan beberapa buah cabai untuk mendapatkan efek pedas saat disantap serta daun salam sebagai pewangi.
- Bungkus hingga rapi dengan menggunakan daun pisang. Sematkan dengan menggunakan potongan lidi agar bungkusan tetap terlihat rapi.
- Siapkan dandang (wajan pengukus nasi), isikan dengan air secukupnya. Panaskan dan kukus bungkusan tahu selama kurang lebih 40 menit hingga 1 jam.
- Angkat kemudian sajikan selagi hangat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Pepes Tahu Kukus Lezat"

Posting Komentar