Tips Membuat Kopi Enak

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling digemari di dunia yang memiliki beragam cita rasa serta varietas sesuai dengan jenis, lokasi dan cara pengolahannya. Selain memiliki efek menyegarkan, kopi juga memiliki segudang manfaat yang mungkin belum banyak diketahui orang, beberapa diantaranya seperti mencegah diabetes, stroke, penyakit jantung, mengurangi sakit kepala, membangkitkan stamina dan mood Anda dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang terkandung di dalam segelas kopi. 

Bagi Anda para penikmat kopi, mungkin kadang Anda pernah bingung mengapa untuk membuat secangkir kopi yang enak saja begitu sulit sehingga rasanya tak sesuai dengan yang diharapkan. Memang ada sejumlah trik khusus yang sebenarnya bisa Anda lakukan untuk membuat kopi terasa begitu enak saat diminum. Bagi Anda para penikmat kopi dan ingin membuat kopi yang enak, berikut adalah beberapa tipsnya.

Tips membuat kopi enak


Kualitas kopi menentukan hasil

Tentu saja untuk membuat kopi yang enak, faktor pertama yang perlu Anda perhatikan adalah kualitas dari kopi itu sendiri. Semakin baik kualitasnya, tentu akan semakin enak rasa kopi yang dihasilkan.

Komposisi kopi dan gula
Bagi Anda penikmat kopi ekspresso (pahit) mungkin pengetahuan akan komposisi gula dan kopi tidak terlalu dibutuhkan. Akan tetapi bagi Anda yang kerap menambahkan gula, maka yang perlu diperhatikan adalah takaran gula dan kopi yang pas. Untuk secangkir kopi yang menggunakan 200 mililiter air, takaran yang pas biasanya 1 sampai 1 1/2 sendok makan gula + 1 sendok makan kopi.

Gunakan cangkir dari keramik atau kaca
Untuk mendapatkan kopi dengan kualitas rasa yang prima, maka faktor penting yang Anda harus perhatikan adalah bahan cangkir yang digunakan untuk menyeduhnya. Hindari cangkir atau mug yang berbahan dasar plastik atau melamin karena cenderung akan mempengaruhi rasa dan aroma saat digunakan sebagai wadah untuk menyeduh kopi. Gunakanlah cangkir atau mug yang berbahan dasar kaca atau keramik.


Kualitas air yang digunakan

Gunakanlah air yang steril seperti air mineral. Jika Anda menggunakan air keran sebaiknya disaring atau diendapkan beberapa saat dahulu agar kotoran halusnya (kaporit) mengendap dibawah permukaan air. Saat kotoran telah mengendap, barulah kemudian air direbus hingga mendidih.

Cara menuangkan air
Supaya kopi tidak mengambang diatas, pastikan air yang digunakan benar-benar air yang mendidih (100 derajat celcius) bukan air yang belum mendidih secara sempurna. Tuangkan air yang baru saja mendidih dengan perlahan kedalam gelas berisi kopi dan gula lalu diamkan selama kira-kira 10 detik, setelah itu baru diaduk. Pastikan mengaduk searah saja (searah jarum jam atau berlawanan dengan jarum jam), bukan di bolak-balik.


Jangan menyimpan kopi di dalam kulkas

Tutup rapat toples tempat menyimpan kopi hingga kedap udara agar aromanya tidak hilang dan sebaiknya simpan kopi ditempat yang sejuk dan terhindar dari cahaya matahari secara langsung. Menyimpan kopi didalam kulkas ataupun ruang pendingin sangat tidak dianjurkan.


Taburi garam

Jika Anda menghendaki rasa pahit pada kopi hilang, Anda bisa menaburkan sedikit garam kedalam cangkir kopi. Kopi akan terasa lebih nikmat jika dihidangkan pada saat panas atau hangat saat aromanya keluar.

Kopi giling atau kopi instan
Sedikit tips bagi Anda yang biasa membeli kopi giling. Pastikan pada saat kopi tersebut di sangrai, beri sedikit saja mentega untuk mendapatkan hasil kopi yang lebih gurih. Sedangkan bagi Anda yang lebih senang menggunakan kopi instan, ada baiknya Anda memeriksa terlebih dahulu kemasannya untuk memastikan jika kopi tersebut memang masih benar-benar masih terbungkus dengan sempurna.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membuat Kopi Enak"

Posting Komentar