Resep Puding Agar-Agar Coklat Vla Susu Yang Lezat dan Mudah Dibuat

Puding atau agar-agar merupakan salah satu resep hidangan pencuci mulut atau hidangan penutup yang kerap dipilih setelah menyantap sajian utama. Tekstur dan rasanya yang manis serta lembut memang memberi efek mengenyangkan yang pas di perut. Bagi Anda yang merupakan penggemar puding, maka pada kesempatan kali ini situs aneka resep masakan akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat resep puding agar-agar coklat vla susu yang lezat dan mudah dibuat.

Ada beberapa cara dalam membuat puding, beberapa diantaranya dengan cara seperti direbus, dikukus atau bahkan di panggang. Namun puding yang paling banyak digemari biasanya adalah puding yang diolah dengan cara direbus dan disajikan dalam keadaan dingin (disimpan dalam lemari pendingin) karena selain lebih enak, puding yang disajikan dalam keadaan dingin juga bisa bertahan lebih lama.

Meskipun kini banyak puding-puding instan yang bisa Anda dapatkan di toko-toko penjual makanan, namun tentu akan lebih enak lagi jika puding instan tersebut dikombinasikan dengan bahan-bahan pelengkap lainnya. Dan untuk membuat resep puding coklat susu ini yang Anda butuhkan adalah sebagai berikut.

Resep puding agar-agar coklat vla susu

Bahan-bahan utama:
2 bungkus tepung agar-agar putih
1 kaleng susu kental manis putih
1 liter air
80 gram coklat bubuk (cocoa powder)
2 sendok makan gula pasir

Kuah puding (Vla):
200 mililiter susu
2 sendok makan gula pasir
1 butir telur, ambil kuningnya saja
1 sendok makan tepung maizena
1/2 sendok teh bubuk penambah aroma (vanila)
1/2 sendok teh garam

Cara membuat puding coklat susu:
  • Siapkan wadah yang cukup besar lalu campurkan agar-agar, coklat bubuk beserta dengan gula pasir
  • Ditempat terpisah, tuangkan air dan susu kental manis kedalam panci dan panaskan. Aduk-aduk hingga larut kemudian tuangkan perlahan-lahan kedalam campuran agar-agar, coklat bubuk dan gula pasir yang tadi sudah dicampur. Aduk-aduk hingga semuanya tercampur dengan sempurna.
  • Panaskan kembali dengan api kecil hingga adonan puding mendidih kemudian cetak dalam wadah (cetakan). Biarkan menjadi dingin lalu masukkan kedalam kulkas.
Cara membuat Vla:
  • Siapkan panci kecil. Campurkan air bersama dengan tepung maizena lalu aduk-aduk hingga merata. Tambahkan kuning telur dan susu yang telah dimasak dan aduk-aduk lagi hingga tercampur merata (rasa manis dapat disesuaikan dengan selera tergantung dari banyaknya susu dan gula yang digunakan).
  • Masak adonan vla dengan api kecil, aduk-aduk dan biarkan hingga mengental.
  • Setelah vla terlihat mengental kemudian masukkan bubuk vanilla. Vla pun siap sebagai siraman untuk puding.
Cara penyajian:
  • Ambil puding yang telah didinginkan di dalam kulkas. Vla bisa langsung diguyur diatas puding utuh atau bisa dengan cara memotongnya menjadi beberapa bagian dan tempatkan potongan-potongan puding diatas piring terpisah
Selain puding, ada beberapa sajian penutup lainnya yang bisa Anda coba seperti es sop buah ataupun resep es durian yang beberapa waktu lalu artikelnya pernah diterbitkan oleh situs aneka resep masakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Puding Agar-Agar Coklat Vla Susu Yang Lezat dan Mudah Dibuat"

Posting Komentar