Resep Cara Membuat (Memasak) Ketupat

Ketupat memang kerap diidentikkan dengan hari-hari besar keagamaan seperti Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, acara pernikahan, acara adat ataupun acara-acara formal lainnya. Selain rasanya yang enak, ketupat juga menjadi salah satu hidangan alternatif yang cocok untuk disajikan bersama dengan berbagai menu masakan seperti semur daging, opor ayam, sayur pepaya atau berbagai hidangan lainnya.

Untuk Anda yang ingin mencoba mempelajari bagaimana cara membuat/memasak ketupat, maka mungkin tips yang disajikan oleh tabloidkuliner.com berikut ini bisa menjadi salah satu referensi Anda untuk membuat ketupat yang enak dan pulen untuk keperluan sehari-hari ataupun untuk menghadapi hari-hari besar. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan serta bagaimana cara membuat ketupat yang enak.

Bahan-bahan:
1 liter beras pulen, cuci bersih dan tiriskan airnya
15 buah ketupat kosong
5 liter air

Alat yang digunakan:
Dandang/panci untuk merebus

Cara membuatnya:
  • Ambil ketupat yang kosong dan tarik kedua ujungnya untuk memastikan jika anyaman ketupat benar-benar rapat dan tidak bolong.
  • Buka salah satu bagian ujungnya kemudian masukkan beras secara perlahan-lahan hingga terisi 60 persen dari seluruh bagian dalam ketupat. Hal ini dilakukan dengan maksud supaya anyaman ketupat tidak hancur/jebol saat matang.
  • Tutup kembali bagian ujung ketupat dan eratkan kembali hingga beras benar-benar terkunci didalamnya
  • Agar lebih mudah saat mengontrol tingkat kematangan serta mengangkatnya, rekatkan/gabungkan ketupat menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok berjumlah maksimal 6 buah. Ikat dengan bentuk sebuah simpul besar
  • Siapkan panci, masukkan air dan rebus ketupat dengan waktu kurang lebih sekitar 4-5 jam.
  • Sebelum diangkat, lebih baik jika ketupat diperiksa terlebih dahulu tingkat kematangannya. Jika memang sudah matang, angkat ketupat lalu gantung dan diangin-anginkan agar airnya cepat tiris.
  • Untuk menghangatkan ketupat, cukup dengan cara mengukusnya tanpa direbus lagi.
Cara membuat (memasak) ketupat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Cara Membuat (Memasak) Ketupat"

Posting Komentar