Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit Wajah

Tomat, tentu Anda sudah begitu sangat familiar dengan buah yang berwarna hijau dan merah satu ini bukan?. Hampir setiap hari tomat digunakan sebagai salah satu campuran bahan masakan. Namun tahukah Anda jika tomat memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit wajah selain digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan?. Inilah buah tomat yang masuk ke dalam golongan buah dari famili solanaceae yang mungkin kerap Anda gunakan untuk bahan perawatan kulit.

Tomat merupakan tumbuhan asli yang berasal dari negera Amerika yang mana di negara asalnya tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 1 sampai dengan 3 meter. Saat ini, tomat merupakan salah satu buah yang telah begitu akrab dengan keseharian kita karena tomat bukan hanya dikonsumsi secara langsung akan tetapi juga kerap menjadi pelengkap bumbu dalam masakan.

Namun tahukah Anda jika selain digunakan sebagai pelengkap masakan, tomat juga memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan terutama untuk kulit?. 

Ada salah satu zat didalam tomat yang bernama likopen. Zat inilah yang yang memiliki khasiat melindungi kulit dari efek buruk sinar uv matahari bagi kulit sehat. Selain sebagai proteksi sinar matahari, likopen ini juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat kulit halus. Selain dua buah manfaat diatas, tomat juga memiliki kandungan lain yang baik untuk kesehatan. Lalu apa sajakah manfaat serta kebaikan tomat untuk tubuh lainnya?, berikut adalah uraiannya:

Mencegah penyakit kanker
Salah satu dari sekian banyaknya khasiat zat likopen yang terkandung didalam buah tomat adalah dapat mencegah timbulnya sel penyebab penyakit kanker yang berbahaya bagi tubuh.

Menurunkan kadar gula darah
Tomat juga dapat berfungsi sebagai pengendali kadar gula dalam darah sehingga mampu mengoptimalkan produksi insulin didalam tubuh dan mencegah diabetes. Menurut beberapa penelitian, salah satu dari banyaknya buah yang terbukti klinis dapat menurunkan penyakit diabetes adalah tomat. 

Baik bagi kesehatan jantung
Tomat mengandung vitamin B dan Kalium yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh serta mengurangi tekanan darah tinggi. Sehingga mengkonsumsi makanan ini dapat menimbulkan efek yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

Melawan radikal bebas
Kandungan zat likopen yang besar didalam buah tomat dapat langsung dirubah menjadi antioksidan oleh tubuh. Ini bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas merupakan suatu zat yang buruk bagi tubuh manusia yang jika tidak segera diatasi maka menyebabkan beberapa penyakit dalam tubuh. Salah satunya adalah penyakit kanker.

Mencerahkan dan membuat kulit halus
Kandungan buah tomat yang kaya akan vitamin C, vitamin K dan Zat Besi mampu memenuhi vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Oleh karenanya tomat bisa menjadi salah satu alternatif cara merawat kulit wajah agar tetap sehat. Selain dikonsumsi secara langsung, tomat juga dapat digunakan sebagai masker, caranya adalah dengan mengiris tomat tipis-tipis, kemudian tempelkan ke wajah lalu diamkan selama 15 menit. Terapi sederhana ini akan langsung membuat kulit wajah menjadi halus dan cerah jika dilakukan secara teratur.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit Wajah"

    Posting Komentar