Resep Telur Balado Pedas Manis

Resep telur balado pedas manis merupakan salah satu resep yang cukup banyak penggemarnya di Indonesia. Selain pengolahannya yang sederhana, telur balado yang terkenal lezat ini juga cocok untuk disajikan bersama hidangan lainnya seperti sayur lodeh ataupun sayur asem.
Sebagai informasi tambahan, sebenarnya balado merupakan salah satu tehnik cara memasak khas dari daerah Sumatra Barat atau Padang dengan cara menggunakan sedikit minyak (tumis) untuk pengolahan cabai beserta rempah-rempah. Hal yang unik dan membedakan balado dengan sambal pada umumnya adalah terletak pada cara penyajian dan pemrosesannya dimana semua bumbu-bumbu utama balado dimasukkan menjadi satu bersama dengan bahan-bahan utama lainnya.
Dari segi bahan-bahan serta bumbunya juga tak sulit untuk bisa Anda dapatkan disekitar rumah Anda. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat sendiri resep telur balado pedas manis ini, maka pada kesempatan ini tabloid kuliner akan sedikit memberikan tips-tips bagaimana cara membuat telur balado. Adapun bahan-bahan yang diperlukan beserta cara pengolahannya adalah sebagai berikut:

Resep telur balado pedas manis

Bahan-bahan utama:
1/2 kilogram atau sekitar 8 butir telur ayam
2 buah tomat merah yang telah dipotong-potong seukuran dadu
4 lembar daun jeruk
100 ml minyak
1 sendok teh garam dapur
1 sendok teh gula pasir

Bahan-bahan yang dihaluskan:
15 buah cabai merah yang telah dicuci bersih
5 butir bawang merah yang telah dikupas kulitnya

Proses pengolahan:
- Rebus telur ayam hingga matang. Kupas kulitnya kemudian goreng sebentar dengan minyak panas agar kulit telur menjadi sedikit mengeras kemudian angkat dan tiriskan.
- Gunakan penggorengan tersebut untuk memasak semua bahan-bahan yang dihaluskan dengan menggunakan api kecil. Biarkan hingga bumbu mengeluarkan aroma kemudian masukkan potongan-potongan tomat beserta daun jeruk. Tumis terus hingga layu.
- Masukkan telur beserta gula pasir dan garam. Untuk membuatnya terasa lebih sedap, Anda juga bisa menggunakan bumbu penyedap rasa.
- Aduk hingga bumbu matang secara merata kemudian angkat dan sajikan.
Bagaimana, mudah dan sederhana sekali bukan untuk membuatnya?. Untuk lebih memperkaya wawasan Anda dengan berbagai jenis resep kuliner lainnya, maka Anda juga mempraktekkan salah satu resep masakan yang juga mudah untuk dibuat pada kesempatan sebelumnya yang berjudul resep pepes tahu kukus yang juga tak kalah lezatnya. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Telur Balado Pedas Manis"

Posting Komentar