Resep Sate Ayam Bumbu Kacang Mentega

Resep sate ayam bumbu kacang mentega atau yang juga dikenal dengan nama satai ayam adalah merupakan salah satu makanan khas dari Indonesia yang sudah sangat terkenal kelezatannya, bahkan makanan ini bukan hanya terkenal di Indonesia saja, sate ayam pun kini telah dikenal luas di dunia. Indonesia yang kaya akan kuliner pun menyajikan beragam jenis sate ayam sesuai dengan daerah asalnya masing-masing. Di Bali, pembuatan sate ayam menggunakan bumbu khas Bali yang kaya akan rempah dan umumnya dilakukan dengan cara melilitkan daging ke tusuk sate. Sedangkan di Madura, bumbu yang digunakan sebagian besar berbahan dasar kacang tanah.
Cara pembuatan sate ayam umumnya hampir sama dengan kegiatan memanggang, hanya saja mengolah sate ayam dilakukan dengan cara langsung meletakkan panggangan diatas bara api. Selain merupakan salah satu sajian yang lezat, kuliner ini juga kerap dijadikan sebagai salah satu bisnis makanan yang cukup potensial karena popularitasnya di kalangan masyarakat. Umumnya penyajian sate ayam dilengkapi dengan nasi yang dibungkus daun pisang atau yang dikenal dengan nama lontong, tapi bagi Anda yang lebih memilih menyajikannya bersama dengan nasi juga sate ayam akan tetap terasa nikmat.
Bagi Anda yang ingin mempraktekkan bagaimana cara membuat sate ayam sendiri, maka resep masakan online telah menyiapkan resep sate ayam bumbu kacang mentega yang bisa Anda buat sendiri dirumah. Namun sebelum memulai untuk membuatnya, ada beberapa bahan-bahan yang perlu Anda sediakan terlebih dahulu, antara lain yaitu:
Resep sate ayam bumbu kacang mentega
Bahan-bahan utama:
1 ekor ayam yang sudah dibersihkan. Buang kulit dan tulangnya kemudian potong dengan bentuk kotak berukuran 2 cm
1 bungkus mentega atau margarin
10 sendok makan kecap manis
Tusuk sate secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
200 gram kacang tanah yang sudah digoreng dan dihaluskan
2 siung bawang putih
4 sendok makan mentega atau margarin yang dilelehkan
200 cc air (1 gelas)
6 sendok makan kecap manis
2 sendok makan gula merah yang dihaluskan (atau sesuai selera)
1/2 sendok teh garam

Bahan acar sebagai pelengkap:
4 butir bawang merah yang di iris
12 buah cabai rawit utuh
1 sendok makan gula pasir
2 sendok makan cuka
2 buah mentimun potong kotak-kotak berukuran 2 cm
1 buah wortel potong kotak-kotak berukuran 2 cm

Cara pembuatan bumbu kacang:
- Siapkan wajan dan panaskan diatas kompor dengan nyala api sedang.
- Masukkan margarin dan biarkan meleleh hingga menjadi minyak lalu masukkan semua bumbu yang dihaluskan (kecuali kacang tanah) dan tumis hingga berubah warna dan mengeluarkan aroma yang harum.
- Masukkan kacang tanah goreng yang sudah dihaluskan bersama dengan air, garam, gula merah serta kecap manis.
- Aduk hingga bumbu terlihat mengental dan mengeluarkan minyak kemudian angkat dan sisihkan pada sebuah mangkuk.

Cara membakar sate ayam:
- Tusukkan potongan-potongan daging ayam dengan menggunakan tusuk sate yang sudah disediakan hingga semua potongan ayam tak bersisa.
- Bakar sebentar diatas bara api hingga terasa cukup hangat. Angkat sebentar kemudian oleskan dengan mentega atau margarin supaya daging tidak melekat pada panggangan dan bakar kembali dan bolak-balik daging ayam agar terkena panas secara merata. Bakar hingga hampir setengah matang.
- Angkat lagi kemudian oleskan dengan kecap manis hingga merata dan bakar lagi hingga sate ayam benar-benar matang.
- Angkat dan sisihkan pada sebuah piring.


Cara penyajian:
- Siapkan piring makan, letakkan sate diatasnya dan guyur dengan bumbu kacang.
- Tambahkan acar, kerupuk dan bawang goreng.

Tips mengolah sate ayam:
- Untuk menghilangkan bau amis pada ayam, Anda dapat membaluri daging ayam dengan menggunakan perasan air jeruk nipis sebelum diolah.
- Agar daging tidak menjadi gosong dan pahit, maka pengolesan kecap hanya disaat terakhir saja sebelum finishing (saat daging hampir matang).
- Agar daging matang dengan sempurna, maka janganlah meletakkan panggangan terlalu dekat dengan api. Jarak yang baik antara alat panggang dan bara api sekitar 15 cm hingga 20 cm.
- Penambahan gula merah dalam bumbu kacang selain untuk menambah rasa manis adalah menjadikan bumbu kacang lebih terasa legit serta lebih cantik warnanya.

Demikianlah resep sate ayam bumbu kacang mentega yang bisa Anda coba untuk membuatnya sendiri dirumah. Bagi Anda yang menyukai resep kuliner mancanegara, maka tentu resep pizza Italia pada kesempatan sebelumnya juga pasti menjadi salah satu resep yang tak ingin Anda lewatkan. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Sate Ayam Bumbu Kacang Mentega"

Posting Komentar