Resep Kue Lupis Manis dan Legit

Resep kue lupis manis dan legit atau yang juga dikenal dengan nama lopis adalah merupakan salah satu resep kue khas Indonesia yang berasal dari Jakarta dan telah lama dikenal oleh masyarakat pecinta kue tradisional. Bahkan hingga kini kue lupis masih menjadi salah satu makanan yang cukup populer, hanya saja memang tak mudah untuk menjumpai kue ini kecuali Anda bisa mendapatkannya di tempat-tempat tertentu seperti di pasar-pasar tradisional yang menjual aneka kue basah.
Kue lupis biasanya kerapkali dijual pada pagi hari bersama dengan makanan-makanan sarapan lainnya seperti lontong, nasi uduk, gorengan ataupun kue-kue basah lainnya karena memang kue ini kerap dijadikan sebagai menu sarapan yang bisa memberikan sumber tenaga serta cukup mengenyangkan jika dikonsumsi sebagai sarapan pagi. Bagi Anda yang ingin menjadikan kue ini menjadi referensi usaha kuliner ataupun sekedar ingin mencoba untuk membuatnya, maka resep masakan akan memberikan tips bagaimana cara membuat kue lupis yang manis dan legit ini.
Cara membuat kue lupis ini masih terbilang cukup sederhana, mudah dan mirip dengan tehnik memasak lontong. Hanya saja memang bahan utama yang digunakan keduanya berbeda, jika lontong berbahan dasar beras, kue lupis menggunakan ketan putih. Dan karena kue ini berbahan dasar ketan, maka proses pengukusannya juga lebih memakan waktu agar bisa menciptakan rasa yang pulen dan legit saat dihidangkan. Adapun bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan dalam membuat kue lupis diantaranya adalah sebagai berikut:
Resep kue lupis manis dan legit

Bahan-bahan utama kue lupis:
1 liter beras ketan putih
1 sendok makan air kapur sirih
3 lembar daun pandan
1 lembar daun pisang atau plastik dan lidi untuk menyemat

Kuah lupis:
1/2 butir kelapa berumur sedang (tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda)
1/4 sendok teh garam
500 gram gula merah
200 mililiter air putih (1 gelas)

Cara membuat kue lupis:
- Cuci bersih beras ketan kemudian rendam di air selama 1 jam kemudian masukkan kapur sirih.
-  Tuang beras ketan kedalam daun pisang atau plastik kemudian bungkus dan sematkan menggunakan lidi. Buat menyerupai lontong atau bentuk segitiga.
- Rebus beras ketan ke dalam air mendidih hingga matang. Biasanya memerlukan waktu 3-5 jam.
- Siapkan panci terpisah, tuangkan air dan rebus gula merah beserta 2 lembar daun pandan dan garam selama 15 menit hingga gula merah mencair kemudian angkat dan pisahkan.
- Parut kelapa dengan menggunakan parutan kemudian kukus bersama dengan 1 lembar daun pandan yang tersisa selama kurang lebih 15 menit lalu angkat dan pisahkan.
- Angkat lupis yang sudah matang kemudian potong-potong. Tuangkan kuah gula merah dan taburi dengan kelapa parut kemudian hidangkan.
Bagaimana menurut Anda mengenai cara membuat kue lupis ini, cukup mudah bukan prosesnya. Bagi Anda yang ingin berkreasi dengan aneka resep kue lainnya, maka tentu Anda takkan melewatkan salah satu resep andalan yang berjudul resep donat pada kesempatan sebelumnya. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Kue Lupis Manis dan Legit"

Posting Komentar