Resep Nasi Lengko Cirebon (menu diet sehat)

Jika Anda berasal dari wilayah pesisir pulau Jawa atau kerap menyambangi daerah utara Jawa seperti daerah Cirebon tentu paham benar dan sangat familiar dengan resep yang satu ini. Inilah resep nasi lengko Cirebon yang pada kesempatan kali ini akan kita coba praktekkan bersama. Nasi lengko atau yang akrab dengan sebutan sega lengko ini memiliki cita rasa yang unik, yaitu campuran rasa manis, gurih, pedas sekaligus menyegarkan. Dijamin keringat Anda akan langsung bercucuran manakala menyantap sajian nasi lengko ini, apalagi jika disajikan dengan nasi hangat.

Nasi lengko terbuat dari bahan-bahan alami yang semuanya berasal dari bahan sayur-sayuran serta kacang-kacangan yang mengandung nilai protein tinggi dan rendah kalori, cocok bagi Anda yang pada saat ini tengah melakukan program diet sehat ataupun sedang menerapkan food combining. Resep ini sangat sederhana dan mudah untuk dibuat, waktu yang dibutuhkan pun tak sampai 15 menit. Cara penyajian nasi lengko ini sedikit mirip dengan cara penyajian tempe mendoan yang bisa Anda baca pada artikel sebelumnya dimana resep ini juga menggunakan kecap manis.

Bagi Anda yang menggemari kuliner ini mungkin merasa agak kesulitan untuk mendapatkannya karena memang makanan ini masih bersifat musiman. Bahkan di daerah asalnya pun tak disembarang tempat makanan ini bisa ditemukan. Oleh karenanya, makanan yang sesungguhnya mudah di buat ini bisa menjadi salah satu sumber inspirasi bagi Anda yang ingin memulai sebuah usaha bisnis kuliner. Penasaran seperti apakah bentuk dan juga resep dari nasi lengko ini?. Berikut adalah bahan-bahan yang Anda perlu siapkan sebelum membuatnya.

Resep nasi lengko Cirebon

Bahan-bahan:
2 buah tahu goreng kuning, potong berbentuk kotak dengan ukuran kurang lebih 1cm x 1cm
2 buah tempe goreng, potong berbentuk kotak dengan ukuran 1cm x 1cm
2 buah timun, cuci bersih dan potong kecil-kecil
100 gram tauge
6 buah cabai rawit (sesuai selera)
50 gram daun kucai, cuci dan potong-potong
1 bungkus kecap manis
Bawang goreng secukupnya

Bahan sambal:
100 gram kacang tanah
2 buah cabai merah
10 buah cabai rawit (sesui selera)
2 buah bawang merah
2 butir bawang putih
1/3 sendok teh garam dan bumbu penyedap
50 ml air matang
1/4 kilogram minyak goreng

Cara pembuatan:
  • Siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng. Tunggu minyak hingga panas kemudian masukkan semua bahan sambal, tahu dan tempe secara terpisah.
  • Setelah semua bahan-bahan tersebut telah matang kemudian tumbuk hingga halus sehingga menyerupai sambal kacang. Angkat lalu sisihkan pada sebuah mangkuk kemudian tuangkan air dan aduk-aduk hingga rata.
  • Siapkan 1 piring nasi hangat kemudian letakkan potongan tempe, tahu, kucai, tauge dan taburan bawang goreng diatasnya lalu siram dengan sambal dan kecap.
Untuk melengkapi kenikmatan sajian ini manakala disantap, akan lebih nikmat lagi jika disajikan bersama dengan sate kambing atau kerupuk serta ditemani dengan segelas es durian yang manis dan segar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Nasi Lengko Cirebon (menu diet sehat)"

Posting Komentar