Resep Sambal Terasi Mentah Jeruk Limo Guyur

Sambal merupakan salah satu pengiring hidangan utama yang lazim di konsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Sambal yang memiliki arti berbahan cabai yang dilumatkan ini memiliki jumlah keberagaman yang sangat banyak di Indonesia. Cara membuat sambal umumnya terbagi menjadi 2 jenis, yaitu sambal mentah dan sambal matang. Sambal matang sendiri bisa dibuat dengan cara di goreng ataupun direbus sebelum ditumbuk.

Variasi sambal di Indonesia sangatlah beragam, misalnya sambal yang berasal dari Jawa rasanya cenderung agak manis sedangkan sambal dari Sunda umumnya memiliki cita rasa yang lebih pedas karena diolah dari bahan-bahan mentah. Selain kedua daerah tersebut, masih banyak lagi sambal-sambal dengan variasi rasa dan tekstur olahan sesuai dengan daerahnya masing-masing. Selain menjadi pelengkap hidangan utama lauk pauk di meja makan, sambal juga terasa nikmat dan cocok jika dihidangkan dengan aneka macam sayur dan salah satu sayur yang wajib terdapat sambal adalah sayur asem.

Guna melengkapi sajian hidangan Anda, pada kesempatan kali ini blog aneka resep masakan www.tabloidkuliner.com akan memberikan sebuah resep sambal yang bernama resep sambal terasi mentah jeruk limo guyur. Namanya memang agak unik seunik rasanya karena bahan-bahan mentah yang diolah dapat memberikan efek rasa yang segar sekaligus gurih, pedas, rasa manis yang semu dan aroma wangi dari jeruk limo. Jika Anda sudah penasaran untuk membuatnya, maka berikut ini adalah bahan-bahan yang mesti Anda persiapkan terlebih dahulu:

Resep sambal terasi mentah jeruk limo guyur

Bahan-bahan:
250 gram cabai merah
5 butir cabai rawit hijau
5 butir bawang merah
1 butir bawang putih
2 sendok teh terasi
1 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh penyedap rasa
2 butir jeruk limo

Alat-alat yang dibutuhkan:
Pisau untuk mengupas bawang
Cobek atau coet untuk menumbuk

Cara pembuatan:
  • Pertama-tama kupas terlebih dahulu bawang merah, bawang putih kemudian cuci bersih bersama dengan cabai merah dan cabe rawit
  • Siapkan cobek. Tuangkan garam, penyedap rasa, bawang merah, bawang putih dan cabai lalu kemudian tumbuk hingga agak kasar
  • Masukkan gula dan terasi lalu tumbuh lagi hingga terlihat cukup halus lalu belah jeruk limo masing-masing menjadi 2 bagian lalu peras airnya dan guyurkan diatas sambal.
  • Aduk tanpa di tumbuk dengan menggunakan cobek.
  • Sambal terasi mentah jeruk limo guyur telah jadi dan siap disajikan.
Cukup mudah bukan untuk membuatnya?. Dengan kehadiran sambal terasi ini dijamin selera makan Anda langsung muncul. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Sambal Terasi Mentah Jeruk Limo Guyur"

Posting Komentar