Resep Udang Goreng Bumbu Saus Madu

Resep udang goreng bumbu saus madu. Mendengar namanya saja Anda mungkin langsung membayangkan betapa gurih dan nikmatnya kuliner eksotis yang berasal dari laut tersebut. Di beberapa tempat makan seafood, terutama di sekitar wilayah Jakarta dan Depok, menu udang goreng atau udang bakar madu memang telah menjadi primadona dan menjadi salah satu menu incaran para penikmat kuliner. Harga yang ditawarkan seporsinya juga terbilang cukup tinggi, meskipun demikian tentu saja harga tersebut tak menjadi masalah karena cukup sepadan dengan kelezatan yang ditawarkannya.

Kandungan udang yang kaya akan kalsium dan protein memang menjadi salah satu sumber gizi yang diperlukan oleh tubuh, oleh karenanya makanan ini cukup sehat jika dikonsumsinya tidak berlebihan. Bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah, maka blog aneka resep masakan akan memberikan tutorialnya secara lengkap dari mulai bahan, bumbu yang diperlukan hingga bagaimana cara mengolahnya. Adapun persiapan yang harus Anda lakukan saat membuat resep udang goreng saus madu adalah sebagai berikut:

Resep udang goreng bumbu saus madu

Bahan utama:
1/2 kilogram udang ukuran besar
1/4 kilogram minyak goreng untuk menumis
2 buah jeruk nipis

Bumbu yang dihaluskan:
3 butir bawang putih
1 ruas jari jahe
1/3 sendok bubuk lada
1 sendok teh garam

Bumbu sausnya:
2 sendok makan madu
1 sendok makan saus tiram (1 bungkus)
1 sendok makan saus cabai. Anda bisa menambahkan cabe jika menginginkan rasa yang lebih pedas
1/2 sendok makan saus tomat
1 butir bawang putih iris tipis
1/2 butir bawang bombay iris tipis-tipis
1/3 sendok makan kecap asin
1 sendok teh minyak wijen

Cara membuat udang saus madu:
  • Cuci udang hingga bersih dan buang bagian kepalanya. Lalu belah udang dibagian punggungnya dengan posisi membujur dari atas kebawah kemudian bilas lagi dengan air dan tempatkan pada sebuah wadah atau baskom. Lumuri udang dengan perasan air jeruk nipis. Biarkan selama 10 hingga 15 menit sampai aroma amisnya hilang.
  • Langkah selanjutnya adalah melumuri udang dengan bumbu yang sudah dihaluskan sambil di tekan-tekan dengan lembut sampai bumbu meresap. Biarkan selama 10 menit.
  • Siapkan wajan dan masukkan minyak goreng. Tunggu hingga minyak benar-benar dalam kondisi suhu yang panas kemudian masukkan udang secara perlahan agar minyak panas tidak menyiprat.
  • Goreng hingga udang terlihat berubah warna dan kulitnya agak mengeras. Aduk lalu balikkan udang agar matangnya merata.
  • Angkat kemudian masukkan semua udang ke dalam saus madu.
Cara membuat saus madu:
  • Tumis dengan wajan irisan bawang merah dan bawang putih hingga layu dan mengeluarkan aroma harum.
  • Masukkan bahan-bahan campuran lainnya kemudian aduk hingga saus terlihat mengental
  • Masukkan udang lalu aduk udang didalam saus hingga merata. Gunakan api kecil.
  • Saat udang dan saus telah tercampur lalu matikan kompor. Angkat dan tempatkan di sebuah piring.
  • Sajikan untuk 4 porsi
Melihat hasil akhir dari serangkaian proses pembuatan udang bumbu madu ini tentu akan membuat Anda puas, terlebih lagi saat telah tersaji di meja makan. Jangan lewatkan juga salah satu resep andalan lainnya dari tabloid kuliner diantaranya resep tempe mendoan dan juga resep sop buntut sapi bakar yang diterbitkan pada artikelnya sebelumnya. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Udang Goreng Bumbu Saus Madu"

Posting Komentar