Resep Ayam Bakar Madu Spesial

Resep ayam bakar madu spesial merupakan salah satu resep masakan yang pada kesempatan kali ini akan kita coba untuk membuatnya. Mungkin banyak dari Anda yang telah mengetahui terdapat banyak jenis ayam bakar dengan variasi rasa yang berbeda-beda, ada yang memiliki tekstur rasa yang manis, gurih serta pedas. Selain mudah dalam pembuatannya, alasan mengapa resep ini dipilih adalah karena bahan utama yang digunakan juga mudah didapat.

Jika pada kesempatan sebelumnya mungkin Anda telah mencoba resep udang madu, maka pada kali ini kita akan menerapkannya dengan menggunakan bahan dasar yang berbeda, yaitu ayam. Bagi Anda yang sudah penasaran bagaimana cara membuatnya, maka berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Bahan utama:
1 ekor ayam, cuci bersih lalu potong menjadi 6 bagian

Bumbu yang digunakan:
3 siung bawang putih, cuci bersih lalu haluskan
3 siung bawang merah, cuci bersih lalu haluskan
70 gram bawang bombay, cuci bersih lalu haluskan
2 sendok teh garam
1/2 sendok teh penyedap rasa
1 ruas jari jahe, cuci bersih dan memarkan
1/2 sendok teh ketumbar bubuk
1/2 sendok teh merica bubuk
2 sendok makan mentega
1000 mililiter air untuk merebus

Bahan olesan:
4 sendok makan madu
1 sendok makan margarin
1 sendok makan kecap
2 sendok makan air perasan jeruk manis (jeruk sunkis)

Cara membuat ayam bakar madu spesial:
  • Siapkan wajan kecil, panaskan mentega lalu tumis bawang putih, bawang merah dan bawang bombay hingga harum kemudian angkat dan pisahkan.
  • Siapkan panci ditempat terpisah lalu kemudian rebus (ungkep) ayam, bumbu yang sudah ditumis dan sisa bumbu lainnya dengan menggunakan air. Rebus ayam hingga matang dan empuk lalu angkat dan tiriskan.
  • Siapkan mangkuk kecil kemudian campurkan kecap dan perasan air jeruk lalu aduk hingga merata.
  • Panggang sebentar setiap potongan ayam kemudian olesi dengan margarin lalu panggang lagi. Saat telah hampir kering baru kemudian lumuri dengan campuran kecap dan air jeruk kemudian lakukan proses pemanggangan lagi. Saat ayam hampir matang lalu yang terakhir baru diolesi dengan madu. Gunakan kuas jika ingin lebih mudah saat mengoles.
Ayam bakar madu spesial

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Resep Ayam Bakar Madu Spesial"