Cara Mengolah Daging Kambing Supaya Ttidak Bau Apek

Daging kambing merupakan salah satu sumber bahan olahan daging yang paling populer di Indonesia setelah daging sapi dan ayam. Rasa dan teksturnya yang khas membuat banyak orang yang menyukainya. Namun ada satu hal yang menyulitkan dalam mengolah daging kambing ini yang mana jika pengolahannya tidak cukup baik, justru membuat rasa daging kambing yang telah diolah menjadi masakan menjadi apek dan berbau tidak sedap.

Untuk mengatasi hal ini, maka ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah beberapa tips dan cara mengolah daging kambing supaya tidak bau apek yang bisa Anda lakukan::

Gunakan potongan lobak
Saat merebus daging kambing, gunakanlah lobak secukupnya. Caranya adalah dengan merebus keduanya secara bersama-sama. Setelah kurang lebih 30 menit, lalu angkat lobaknya dan olah daging kambing sesuai yang diinginkan.

Gunakan kacang hijau
Kacang hijau memiliki khasiat menetralisir bau. Oleh karenanya kacang hijau dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu resep andalan penghilang bau tak sedap pada daging kambing. Caranya adalah dengan merebus daging kambing dengan kacang hijau dengan perbandingan 1 kg daging kambing : 5 gram kacang hijau. Rebus selama kurang lebih 10 menit kemudian angkat dan tiriskan daging kambing lalu olah sesuai selera.

Gunakan bumbu kari
Rebuslah daging kambing dan bumbu kari dengan perbandingan 1 kilogram daging kambing : 10 gram bubuk kari. Banyaknya bumbu kari yang dicampurkan kedalam rebusan daging kambing disesuaikan dengan banyaknya jumlah daging kambing.

Gunakan potongan tebu
Selain diolah menjadi gula, tebu juga memiliki khasiat menghilangkan bau tak sedap dari daging kambing. Caranya adalah dengan merebus daging kambing dan tebu dengan perbanding 1 kg : 200 gram. Rebuslah daging dan tebu selama kurang lebih 30 menit.

Gunakan cuka
Rebuslah 1 liter air bersama dengan daging kambing dan cuka dengan perbandingan 1 kg : 50 gram. Biarkan air hingga panas dan mendidih lalu angkat daging kambing dan tiriskan airnya untuk kemudian diolah sesuai selera.

Gunakan jeruk nipis
Cara ini mungkin yang paling banyak digunakan orang. Caranya adalah dengan menyiramkan potongan daging kambing dengan air perasan jeruk nipis sebelum dibuat menjadi masakan. Jika memang Anda tidak memiliki jeruk nipis, Anda juga bisa menggantinya dengan jeruk limau.

Gunakan daun jambu biji
Untuk menghilangkan bau apek pada daging kambing, Anda juga bisa menggunakan daun jambu biji. Caranya adalah dengan meremas daun jambu biji bersama dengan potongan daging kambing yang akan diolah.

Jangan langsung dicuci
Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau apek pada daging kambing adalah langsung mengolahnya tanpa perlu untuk mencucinya terlebih dahulu sebab bau amis dan bau tak sedap daging kambing akan hilang jika dimasak dengan benar (sampai matang). Jika daging kambing masih menempel, Anda bisa mencabutnya dengan menggunakan tangan tanpa perlu menggunakan air.

Gunakan daun pepaya dan nanas
Daun pepaya memiliki khasiat mengempukkan daging, sedangkan nanas untuk menghilangkan bau amisnya. sebelum dimasak bungkus dengan daun pepaya dan buah nanas. Cara menggunakannya adalah dengan membungkus daging sapi dengan daun pepaya dan nanas dan merebusnya bersama-sama. Rebus selama kurang lebih 30 menit lalu angkat daging kambing dan tiriskan.

Gunakan jahe, kapulaga, cengkeh atau kayu manis
Bahan-bahan seperti Gunakan jahe, kapulaga, cengkeh atau kayu manis memiliki aroma yang kuat dan khas yang dapat digunakan untuk menutupi bau apek yang bersumber dari bahan olahan daging kambing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengolah Daging Kambing Supaya Ttidak Bau Apek"

Posting Komentar