Resep Bakso Sapi Super Gurih dan Nikmat

Resep bakso sapi super gurih adalah merupakan salah satu dari banyak jajanan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Meskipun bakso termasuk dalam resep masakan Indonesia, namun awal kehadiran bakso di tanah air sebagian besar dipengaruhi oleh budaya kuliner dari China. Bakso yang umumnya dengan ciri khas berbentuk bulat juga merupakan salah satu kuliner yang kini telah dikenal hampir diseluruh dunia.

Di negara barat, bakso yang umumnya berbahan utama dari campuran tepung sagu atau kanji dan daging sapi cincang dengan tekstur kenyal ini dikenal dengan nama meatball yang jika diterjemahkan memiliki arti bola daging.

Bakso menjadi lebih nikmat manakala disantap selagi hangat dalam keadaan cuaca yang cukup dingin. Selain memiliki efek menghangatkan, bakso juga memiliki kandungan gizi yang baik karena mengandung banyak, protein, kalsium, karbohidrat serta kandungan kalori yang dibutuhkan untuk menjadi tenaga.

Jika Anda merupakan salah satu penggemar bakso dan ingin membuatnya sendiri dirumah, maka majalah aneka resep masakan akan memberikan tips bagaimana membuat bakso sapi dengan mudah, cepat dan praktis untuk Anda. Adapun terdapat beberapa bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu, antara lainnya yaitu sebagai berikut:

Bahan-bahan utama membuat bakso sapi:
500 gram daging sapi giling
1/2 sendok makan garam
1 liter air untuk merebus

Bumbu utama bakso yang dihaluskan:
1 sendok teh merica bubuk
2 siung bawang putih berukuran sedang
3 sendok makan tepung kanji
1 telur ayam yang diambil putihnya saja
1/4 sendok teh baking soda (untuk mendapatkan tekstur bakso yang kenyal)
1/2 bungkus bumbu kaldu sapi
2 sendok makan margarin atau 2 sendok minyak goreng
400 cc air dingin (air es)

Bumbu kuah bakso (per-porsi):
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh penyedap rasa
1 sendok teh minyak goreng
Bawang goreng secukupnya
1 batang seledri di iris halus
Cuka sesuai selera
Sambal sesuai selera

Cara pembuatan bakso sapi super:
- Pertama-tama giling daging sapi hingga menjadi lembut, letakkan pada wadah semacam baskom kemudian campurkan bersama dengan bumbu-bumbu utama lainnya seperti merica, bawang putih, tepung kanji, baking soda, kaldu sapi dan minyak goreng.

- Tambahkan air es dan putih telur kemudian aduk hingga adonan merata dan menjadi kenyal atau kurang lebih selama 30 hingga 45 menit. Fungsi air es adalah untuk membuat daging menjadi lebih kenyal karena apabila menggunakan air biasa, maka daging akan menjadi sulit kenyal. Setelah tingkat kekenyalannya dirasa telah cukup, maka Anda bisa langsung membentuknya menjadi bola-bola bakso. Caranya adalah memasukkan adonan kedalam genggaman tangan lalu keluarkan secara perlahan melewati sela-sela ibu jari dan telunjuk. Untuk mempermudah dalam membuat bentuk yang membulat dan simetris, Anda bisa menggunakan alat bantu berupa sebuah sendok makan.

- Didihkan air lalu ceburkan satu-persatu bakso-bakso yang telah dibuat. Biarkan hingga matang dan mengambang kemudian tiriskan.

Cara pembuatan kuah bakso:
- Setelah bakso matang, maka kini waktunya untuk membuat kuahnya. Gunakan sebuah mangkuk kemudian masukkan bumbu-bumbu kuah bakso yang telah Anda siapkan.

- Tuangkan air kuah bakso kedalam mangkuk kurang lebih sebanyak 100 cc.

- Masukkan bakso kedalamnya kemudian tambahkan sambal agar lebih nikmat.

- Bakso sapi super pun siap disajikan.

Demikian tips dan cara membuat bakso sapi kuah yang bisa Anda coba saat memiliki waktu luang dirumah. Bagi Anda yang memiliki selera akan aneka kuliner pedas, maka tentunya salah satu resep yang bertema resep telur balado pedas pada artikel sebelumnya tak akan Anda lewatkan guna menjadi salah satu referensi kegiatan masak memasak Anda dirumah. Selamat mencoba!.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Bakso Sapi Super Gurih dan Nikmat"

Posting Komentar