Resep Bakso Malang Asli Gurih

Jika Anda tengah berkunjung ke Kota Malang tentu tidak akan lengkap rasanya jika Anda tidak mencicipi hidangan khas kota apel tersebut. Kota yang berhawa dingin ini selain memiliki pemandangan alam yang indah juga memiliki berbagai resep kuliner Indonesia yang khas, salah satunya adalah bakso Malang. Menikmati suasana hawa sejuk pegunungan memang terasa amat sangat pas jika sambil menikmati semangkuk bakso yang berkuah hangat.

Meskipun namanya bakso Malang, namun ternyata kepopuleran kuliner ini tak hanya sampai di Malang, akan tetapi bakso Malang juga sangat terkenal di kota kota lain di Indonesia, seperti di Jakarta, Bandung, Cirebon dan wilayah-wilayah lain di nusantara. Jika anda belum sempat berkunjung ke Malang dan ingin membuatnya sendiri di rumah, mungkin resep bakso Malang berikut ini bisa menjadi referensi Anda.

Bahan adonan bakso:
350 gram daging sapi giling
50 gram tepung sagu
100 cc air dingin (air es)
1 buah telur
4-5 siung bawang putih
Merica secukupnya
Garam secukupnya

Bahan pelengkap:
10 lembar kulit pangsit goreng 
150 gram mie kuning
10 buah tahu goreng, potong segitiga lalu sayat bagian tengahnya 
2 sdm bawang goreng 
Sambal uleg rebus 

Cara membuat bakso Malang: 
- Campur merica, bawang putih, dan garam lalu haluskan.
- Campur daging giling dengan tepung sagu, bumbu yang sudah dihaluskan, telur, dan juga air es.
- Aduk adonan tersebut sampai merata dan kenyal.
- Ambil adonan sebanyak 1/3, sisihkan.
- Panaskan air hingga mendidih
- Sementara itu buat bakso dari 2/3 adonan tadi. Celupkan bulatan bakso ke air yang sudah mendidih tadi (sebaiknya untuk langkah ini matikan api terlebih dahulu). Lakukan hingga adonan habis.
- Rebus kembali bakso yang telah dicelupkan tersebut ke air yang mendidih. Kali ini biarkan di atas api kecil, jika sudah matang angkat bakso dan tiriskan.
- Untuk 1/3 adonan, isikan ke dalam tahu yang telah disayat lalu rebus hingga setengah matang. Setelah itu kukus sebentar hingga matang sempurna.
- Sajikan bakso dengan kuah kaldu hangat, mie kuning, dan bawang goreng.
    Selain bakso Malang, Anda juga bisa mempraktekkan salah satu resep bakso lainnya dari tabloidkuliner.com yang berjudul resep bakso sapi.



    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Resep Bakso Malang Asli Gurih"

    Posting Komentar