Resep Gudeg Jogja Nangka Muda Asli

Resep gudeg Jogja nangka muda asli, nama salah satu makanan asal Jogja, Jawa Tengah yang satu ini tentu sudah sangat populer di Indonesia. Rasa manis dan lezat yang pas dipadukan dengan empuknya nangka muda menjadi salah satu rasa khas yang dihasilkan dari sayur yang bisa disajikan baik dengan kuah ataupun tanpa kuah ini. Mengolah gudeg memang membutuhkan sedikit ketelatenan dan kesabaran karena masakan ini memang pengolahannya cukup memakan waktu, namun meskipun demikian sepertinya kerja keras Anda pada saat mengolahnya pun akan terbayar manakala makanan lezat ini tersaji di meja makan.

Gudeg Jogja atau yang juga disebut gudheg Jogja kerap disajikan bersama dengan ayam goreng, tempe bacem atau tahu ini memiliki corak warna coklat yang khas. Rahasia dari warna yang dihasilkan ini berasal dari daun jati yang turut pula dimasukkan pada saat memasaknya. Cukup unik bukan?. Anda sudah penasaran dan ingin segera membuatnya?. Sebelum memulai untuk membuatnya, ada beberapa bahan-bahan yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu, diantaranya adalah sebagai berikut:

Resep gudeg Jogja nangka muda asli

Bahan-bahan gudeg Jogja:
1 kilogram nangka yang masih muda, cuci dan bersihkan getahnya
1 sendok teh kapur sirih larutkan dalam air
1 liter santan kelapa murni dari kelapa tua
3 lembar daun jati atau bisa diganti dengan 1 gelas air teh kental (200cc)
1 ekor ayam, cuci bersih kemudian potong menjadi 10 bagian
1/2 kilogram telur ayam rebus
250 gram gula merah parut halus
1 ruas jari lengkuas, bersihkan dan memarkan
5 lembar daun salam
1 sendok makan garam

Bumbu halus:
5 butir bawang putih
8 butir kemiri
2 sendok makan ketumbar

Cara pembuatan :
  • Pertama-tama rendam terlebih dahulu nangka yang sudah dikupas dan dibersihkan getahnya dengan larutan air kapur sirih selama kurang lebih 1 hingga 1 1/2 jam.
  • Panaskan panci diatas kompor kemudian rebus santan bersama dengan daun jati (air teh), nangka, lengkuas, daun salam, ayam dan garam dengan api kecil selama minimal 3-4 jam.
  • Setelah nangka terasa cukup empuk kemudian masukkan gula merah dan aduk kembali.
  • Masukkan telur ayam yang tadi sudah direbus lalu aduk hingga kuahnya mengering.
  • Setelah kuah mengering dan telur sudah berubah warna menjadi coklat, kemudian angkat dan sajikan bersama dengan nasi hangat dan kerupuk udang.
Sebenarnya tak sulit bukan untuk mengolah sayur berbahan utama nangka ini?. Selain resep gudeg, ada salah satu sajian resep menarik yang patut Anda coba pada kesempatan sebelumnya yang berjudul resep mie ayam Bangka yang juga merupakan salah satu resep kuliner khas asal Indonesia. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Gudeg Jogja Nangka Muda Asli"

Posting Komentar