Resep Mie Ayam Bangka Asli Spesial

Anda penggemar berat makanan olahan yang terbuat dari bahan mie?. Jika ya, maka mungkin resep mie ayam Bangka spesial yang akan disajikan pada kesempatan kali ini bisa menjadi salah satu menu pembangkit selera makan Anda. Bangka merupakan salah satu daerah di bagian barat Indonesia yang selain memiliki kekayaan alam yang eksotis juga menyimpan beberapa resep kuliner istimewa yang cukup terkenal di Indonesia, salah satu yang paling terkenal misalnya martabak Bangka yang fenomenal dan hampir bisa Anda temukan di setiap sudut atau perempatan jalan.

Seperti halnya martabak khas Bangka, mie ayam Bangka juga tak kalah terkenalnya dan pada saat ini telah cukup banyak di jajakan di restoran-restoran ataupun warung-warung makan di pinggir jalan dengan harga yang relatif cukup terjangkau, meskipun mudah untuk ditemukan namun tentu tak ada salahnya jika Anda mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah. Cara pengolahannya pun bisa dibilang cukup mudah dan tak terlalu rumit, tak memerlukan peralatan khusus serta dapat disajikan dalam waktu yang relatif cepat. Bagi Anda yang ingin mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah, maka berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat mie ayam Bangka spesial.

Resep mie ayam Bangka asli spesial

Bahan-bahan mie ayam Bangka:
1/2 kilogram mie telur yang masih segar
1 sendok makan kecap asin
1 sendok makan minyak goreng

Isian:
1/4 kilogram daging ayam rajang halus
2 sendok makan saus tiram (atau 1 sachet saus tiram instant)
2 sendok makan minyak goreng
2 butir bawang putih rajang halus
1 sendok teh garam halus
150 gram jamur merah iris tipis-tipis
1 sendok makan kecap asin
1 sendok makan kecap manis
1/2 sendok teh merica bubuk
200 mililiter air (1 gelas)

Kuah:
500 mililiter air kaldu ayam
1 butir bawang putih rajang halus-halus
1 batang daun bawang, potong halus
1/2 sendok teh merica halus
1 sendok teh garam

Pelengkap:
5 batang daun sawi, cuci bersih
1 ons tauge, cuci bersih
1 sendok makan bawang goreng

Proses memasak mie:
  • Siapkan panci untuk merebus, masukkan air lalu kemudian didihkan. Rebus mie sebentar saja kira-kira 5-7 menit hingga terlihat mengembang kemudian angkat dan tiriskan.
  • Siapkan mangkuk, tuangkan minyak goreng dan kecap kemudian aduk sampai rata lalu masukkan mie dengan menggunakan garpu atau sumpit. Aduk-aduk lagi hingga rata lalu sisihkan.
Proses memasak isian/pelengkap:
  • Siapkan wajan lalu tumis bawang putih dengan sedikit minyak hingga harum kemudian masukkan ayam yang sudah dipotong-potong halus. Masak hingga daging berubah warna kemudian masukkan jamur lalu aduk kembali hingga layu.
  • Setelah jamur dan potongan ayam terlihat sudah cukup matang kemudian masukkan saus tiram, kecap manis, kecap asin, merica dan garam perlahan-lahan kemudian aduk sebentar lalu tuang sedikit air dan biarkan dalam keadaan mendidih hingga airnya tiris kemudian angkat.
Proses pembuatan kuah: 
  • Siapkan panci kemudian rebus semua bahan-bahan yang digunakan. Saat hampir matang masukkan sawi dan tauge hingga layu.
Penyajian:
  • Siapkan sebuah mangkuk kemudian taruh mie didalamnya. Taburi dengan daun bawang lalu sajikan bersama dengan kuahnya.
Meskipun resep ini terlihat cukup rumit, namun percayalah bahwa pembuatannya tak sesulit teorinya. Oleh karenanya resep ini bisa menjadi salah satu resep istimewa yang bisa Anda sajikan bersama keluarga. Untuk semakin melengkapi wawasan Anda seputar pengolahan mie, maka tentu resep bakso sapi yang ditulis pada kesempatan sebelumnya bisa menjadi salah satu resep yang sayang untuk Anda lewatkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Mie Ayam Bangka Asli Spesial"

Posting Komentar