Resep Kue Nastar Keju

Pada dasarnya kue nastar keju ataupun kue nastar nanas memiliki isian yang sama, hanya saja pada kue nastar keju diberikan taburan keju agar kue terlihat lebih cantik. Jika pada kesempatan sebelumnya Anda sudah membaca mengenai resep nastar nanas, tentu pada kesempatan kali ini Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk membuatnya.

Adapun tekstur dan rasa dari kue nastar keju tentu terasa lebih garing dan gurih di lidah berkat taburan keju parut yang mengering setelah nastar matang. Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba resep lain dari nastar selain kue nastar nanas, maka nastar keju ini tentu bisa menjadi pilihan. Adapun bahan-bahan yang diperlukan antara lain adalah sebagai berikut.

Resep kue nastar keju

Bahan-bahan kue nastar keju:
4 butir telur ambil kuningnya saja
1/2 kilogram margarin yang dipanaskan hingga cair
1/2 kilogram terigu yang disaring halus
150 gram gula bubuk
1 bungkus keju 100 gram

Bahan-bahan selai nanas:
250 gram gula putih
2 buah nanas matang
1 ruas jari kayu manis

Bahan olesan:
2 butir kuning telur (olesan topping)
100 gram keju yang diparut

Pembuatan selai nanas:
  • Pertama-tama cuci buah nanas yang telah dikupas dan parut dengan parutan halus didalam sebuah baskom atau mangkuk.
  • Untuk membuat selai, terlebih dahulu panaskan wajan dengan api kecil lalu perlahan-lahan masukkan nanas yang tadi telah diparut sambil di aduk-aduk. 
  • Masukkan gula putih dan kayu manis lalu aduk-aduk hingga adonan nanas terlihat kering (warna adonan saat matang tergantung dari tingkat kemasakan nanas, semakin matang nanas yang digunakan warnanya akan semakin tua).
  • Biarkan selai menjadi dingin dan mulai dibentuk bulatan-bulatan untuk isi di dalam nastar.
Cara membuat kue nastar keju:
  • Siapkan loyang atau wadah lalu masukkan kuning telur, keju, gula halus serta margarin cair. Diperlukan mixer untuk mengaduknya agar adonan tercampur dengan baik.
  • Setelah tercampur dengan rata, lalu perlahan-lahan tuangkan tepung terigu dan aduk lagi dengan mixer hingga mengembang.
  • Biarkan adonan terkena udara sekitar 5 hingga 10 menit. Setelah adonan mengembang dengan sempurna dengan tingkat kekenyalan yang pas, kemudian ambil sedikit demi sedikit adonan dan bentuk membulat. Masukkan selai nanas yang tadi sudah dibuat kedalam adonan nastar.
  • Olesi permukaannya dengan kuning telur. Agar olesan lebih rapih, bisa juga menggunakan bantuan kuas lukis. Taburi dengan parutan keju pada permukaannya hingga menempel dengan sempurna.
  • Agar prosesnya lebih sempurna, sebaiknya susun kue dalam loyang dengan susunan yang teratur dan buatlah jarak antara adonan sekitar 1 cm dengan lainnya agar adonan tidak saling menempel pada saat matang.
  • Siapkan oven kemudian panggang dengan suhu sekitar 175-180 selama kurang lebih 20-25 menit. Jika Anda menggunakan oven konvensional yang menggunakan kompor, maka proses pemangganan memerlukan waktu 30 hingga 40 menit. Usahakan api kompor merata dibawah permukaan oven.
  • Setelah nastar matang, kemudian angkat dan letakkan pada selembar kertas pembungkus nasi yang dibalik. Hal ini dilakukan agar sisa minyak pada kue nastar terserap oleh kertas. Sebelum memasukkan kue ke dalam toples, baiknya tunggu hingga dingin terlebih dahulu agar kue tidak cepat berjamur.
Demikianlah salah satu resep kue kering yang dapat disajikan oleh aneka resep masakan pada kesempatan kali ini. Bagi Anda yang menggemari kue rasa coklat, maka resep kue brownies coklat pada kesempatan sebelumnya tentu dapat menjadi salah satu referensi Anda untuk menambah wawasan mengenai pastry.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Kue Nastar Keju"

Posting Komentar